MY FAMILY

Selasa, 21 Juni 2011

Membuat Video Pembelajaran

Dalam dunia pendididkan khususnya pendidikan pada tingkat Sekolha Menengah Atas, telah banyak digunakan basis pembelajaran yang menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi. Mulai dari pembuatan Bahan Ajar (BA) sampai dengan pembuatan Bahan UJI (BU) hampir semuanya menggunakan media komputer. Untuk pembelajaran dikelas seorang guru dapat menggunakan komputer dan projector dalam menjelaskan materi pembelajaran dengan lebih interaktif dengan sebuah presentasi power point atau flash yang menarik. Untuk bahan uji dapat digunakan perangkat lunak pembuatan bahan uji seperti Quiz Creator yang memungkinkan melakukan ujian atau test kepada siswa secara online maupun dengan menggunakan perangkat jaringan komputer.

Untuk media pembelajaran selainkan menggunakan sebuah presentasi yang biasanya dibuat dalam bentuk slide-slide dapat juga digunakan video tutorial yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran maupun edukasi. Hal ini dapat kita lihat dengan dikembangkannya sebuah website yang menyedia berbagai jenis video tutorila seperti youtube, dimana jika terdapat ketidak jelasan pada sebuah e-book dapat dilengkapi dengan sebuah video tutorial. Video tutorail ini sangat cocok digunakan untuk media pembelajaran pada mata pelajaran TIK tetapi tidak ditutup kemungkinan untuk mata pelajaran yang lain.

Salah satu perangkat lunak atau software yang dapat digunakan untuk membuat video tutorial adalah CamStudio, perangkat lunak ini merupakan perangkat lunak free atau gratis yang dapat kita cari dan download melalui jaringan internet http://camstudio.org. Perangkat lunak ini termasuk perangkat lunak yang terbaik di kelasnya,  dimana kita dapat merekam semua aktifitas dilayar monitor dan dapat juga merakam audionya.
Fasiltas atau fitur dalam software Camstudio :
  • Merakan seluruh tampilan layar, area tertentu
  • Mempu menampilkan kursor dengan memberikan warna/ tanda yang berbeda
  • Merakam audio dari speaker atau microfone, dengan format/ kualitas yang bisa diatur
  • Hasilnya dapat dikonversi ke swf
  • Resource komputer yang dibutuhkan rendah
  • Fasilitas AutoPan untuk otomatis merekam area tertentu sesuai kursor yang bisa diatur kecepatannya
  • Screen Anntotation, untuk memberi keterangan teks di video yang dihasilkan
  • Shortcut terdapat pada keyboard
  • Cam Studio Player

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar